WELLCOM TO BLOG PSIK 3.2 UNIK

Kamis, 11 Oktober 2012

MITOS Ibu hamil tidak boleh makan pisang, timun, nanas, durian, nangka dan daging kambing.

Ibu hamil tidak boleh makan pisang, timun, nanas, durian, nangka dan daging kambing.
 
Fakta: Sebenarnya jika hanya makan satu butir durian, atau sepotong nanas tidak masalah. Yang penting ibu hamil tidak alergi dengan makanan tersebut.
Diketahui bahwa durian menyebabkan kenaikan kadar kolesterol darah dan mengandung jumlah kalori yang cukup tinggi, tidak sepadan dengan vitamin yang didapatkan dari durian tersebut. Sedangkan pada ibu hamil, sebaiknya memilih makanan yang lebih tinggi nilai nutrisinya, dan tidak terlalu menggemukkan.
Untuk Nanas ada mitos yang bilang dapat menyebabkan keguguran. Dan mengkonsumsi Pisang, Nanas dan timun dapat menyebabkan keputihan. Nanas sendiri sebenarnya merangsang ibu hamil untuk mual karena sifatnya yang asam. Konsumsi pisang, nanas, dan timun justru disarankan karena kaya akan viatamin C dan serat yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan melancarkan proses pembuangan sisa-sisa pencernaan.
Adapun keputihan tidak selalu membahayakan. Saat hamil maupun setelah melahirkan, adalah normal jika ibu mengalami keputihan. Kecuali juka keputihan tersebut terasa gatal, berwarna (kehijauan/kecoklatan) dan berbau tidak sedap hal ini bisa saja disebabkan infeksi oleh bakteri, jamur, dan virus.
Sedangkan ibu hamil yang mengalami hipertensi memang diharuskan menghidari makanan seperti daging kambing dan durian dengan alasan kesehatan.Ibu hamil boleh saja mengkonsumsi daging kambing dengan porsi yang wajar, kecuali ibu hamil yang menderita kelebihan kolesterol atau penyakit jantung. Daging kambing mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi sehingga mempengaruhi metabolisme asam urat yang berbahaya bagi penderita koleterol tinggi ataupun penderita penyakit jantung.
Kol dan Nangka pun -yang bisa menghasilkan gas dalam perut- sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, sebab pada ibu hamil gerakan lambung melambat dan membentuk gas sehingga mengakibatkan perut terasa kembung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar